.::Donasikan Bukumu Untuk Anak Yang Kekurangan Buku Bacaan Di Bojonegoro. Taman Baca Masyarakat Rintisan Blogger Bojonegoro Membutuhkan Donasi Buku Untuk Di Salurkan Ke Ds. Sedahkidul Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro Jawa Timur::.

Kayangan Api: Pesona Api Abadi di Bojonegoro

kayang api jawa timurKayangan api adalah sumber api yang tidak pernah padam, suatu yang langka tentunya, api keluar dari dalam perut bumi yang tidak ada henti-hentinya.

Kayangan api terletak di kawasan hutan di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Bojonegoro Jawa Timur. Sebuah desa yang memiliki kawasan hutan kurang lebih 42,29% dari luas desa. Tempat itu dapat ditempuh dengan jarak 25 Km dari arah kota Bojonegoro.

Menurut cerita kayangan api adalah tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah pandhe berasal dari kerajaan Majapahit. Mbah Pandhe ahli membuat alat-alat pusaka seperti keris, tombak, cudrik dan lain-lain.

Sumber api tersebut masih dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Api hanya boleh diambil pada saat-saat tertentu, seperti yang sudah-sudah, misalnya, upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengku Buwono X, untuk pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) dan upacara-upacara yang dianggap sakral.

Kayangan api menjadi salah satu tempat wisata favorit di Bojonegoro, selain wisata langka tempat itu juga terkenal masih alami.

Selain tempat wisata kayangan api juga sebagai tempat berobat, disamping sumber api terdapat sumber mata air yang kelihatan panas jika dilihat tapi dingin jika disentuh, air tersebut disebut air Blekuthuk, baunya khas yaitu bau belerang yang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Banyak yang sembuh penyakitnya setelah berendam di air tersebut, kata juru kuncinya.

Air Blekuthuk ini dulunya untuk mencuci dan merendam keris yang dibuat oleh Mbah Pandhe. Bahkan oleh masyarakat sekitar maupun pengunjung lokasi tersebut, air Blekuthuk tersebut dianggap membawa berkah, karena selain dapat mengobati penyakit juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang datang.

Sekarang Kayangan api tidak hanya milik Bojonegoro saja tetapi telah menjadi milik bangsa Indonesia karena tempat wisata tersebut tidak hanya menarik perhatian wisatawan lokal tapi menarik wisatawan asing juga, karena sumber api ini terbesar di Asia Tenggara.

by. Uun Nashikun

keyword :

  • Asal usul kayangan api (3)
  • Asal mula kayangan api bojonegoro (1)
  • kayangan api dander bojonegoro (1)
  • kayang api (1)
  • asal-usul kayangan api bojonegoro (1)
  • asal usul kayangngan api (1)
  • asal usul kayangan api di dander bojonegoro (1)
  • asal usul kayangan api bojonegoro (1)
  • asal usul cerita kayangan api yng bojonegoro (1)
  • sejarah dan budaya kayangan api (1)
Tags: , , , , , ,

About Blogger Bojonegoro

Memperkenalkan potensi di kota Bojonegoro dengan aktivitas blogging, Dari warga Bojonegoro, Oleh warga Bojonegoro, Untuk Indonesia, Temui di www.karyafauns.com
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

2 Responses

  1. saya kelahiran bojonegoro, tapi prihatin saya berkunjung ke kayangan api, seandainya kang yoto menambah sarana prasarana rekreasi keluarga disana saya yakin akan mendongkrak PAD dan pendapatan masyarakat sekitar. ini mungkin terjadi karena lahan kayangan api masih banyak yang tidur tinggal pemkab bojonegoro peduli atau tidak. maju terus bojonegoro

  2. Kang yoto juga ingin menambah fasilitas, dibanding tiga tahun yang lalu, saat ini sudah ada beberapa fasilitas baru. Menambah fasilitas di kayangan api ternyata tidak hanya soal menyediakan uang dan konsep. Karena lahan di situ bukan asset pemkab, melainkan milik perhutani. Trim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*