.::Donasikan Bukumu Untuk Anak Yang Kekurangan Buku Bacaan Di Bojonegoro. Taman Baca Masyarakat Rintisan Blogger Bojonegoro Membutuhkan Donasi Buku Untuk Di Salurkan Ke Ds. Sedahkidul Kec. Purwosari Kab. Bojonegoro Jawa Timur::.

Tentang Batik Bojonegoro Yang Perlu Di Ketahui

Sebenarnya di Bojonegoro ada Batik yang telah lama menggema yaitu batik Jumput dari Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo.

Motif batik yang menjadi kebanggaan warga Bojonegoro. “Ada Motif jagung, tembakau, Minyak (Gotro), sapi, Wayang Tengul, Jati dan Padi serta Kayangan Api”. Dari kesembilan Motif Batik Jonegoro ini akan menjadi Motif awal sebelum muncul Motif – motif lain yang nantinya bisa membuat nama Bojonegoro di kenal di negara lain.

Masyarakat Bojonegoro harus mau ikut membudayakan untuk ikut memiliki Batik Jonegoro dan menggunakan pada hari Kamis dan Jumat bagi Karyawan Pemkab, untuk Pengusaha bisa menganjurkan penggunaan Batik Jonegoro pada karyawannya serta bagi siswa sekolah juga bisa diseragamkan pada setiap hari jum’at, masih banyak peran serta masyarakat dalam ikut membantu melestarikan penggunaan Batik jonegoro ini.

Batik di Bojonegoro sebenarnya tidak ada satu melainkan 2 yakni Batik Jumput dan Batik Madrim, untuk nama Batik Madrim ini orang sudah banyak mengenal merupakan Patih dari Raja Angling Darma dari Kerajaan Malowopati yang petilasannya ada di Desa Wotan Ngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro.

Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Kekayaan ini menginspirasi Ibu Mafudho Suyoto untuk menjadikannya sebagai motif Batik. Melalui lomba design, maka terciptalah 9 motif Batik Jonegoroan.

Antara lain: Gastro Rinonce (Motif Kilang Minyak dan Gas Bumi), Jagung Miji Emas (Motif Jagung), Mliwis Mukti (Motif Burung Legendaris Jelmaan Angling Dharma, Mliwis Putih), Parang Dahono Munggal (Motif Wisata Api Abadi, Kahyangan Api), Parang Jembul Sekar Rinandar (Motif Hewan Sapi), Pari Sumilak (Motif Padi), Rancak Thengul (Motif Wayang Thengul, khas Bojonegoro), Sata Gondo Wangi (Motif Tembakau), dan Sekar Jati (Motif Daun Jati).

Sembilan motif batik Jonegoroan diatas merupakan gambaran dari Potensi Budaya dan Alam Bojonegoro. Bagi masyarakat yang ingin memliki batik Jonegoro bisa mendapatkannya di Kecamatan Temayang, Kecamatan Dander dan Purwosari.

keyword :

  • batik bojonegoro (32)
  • batik bojonegoro dan penjelasannya (28)
  • sejarah batik bojonegoro (18)
  • gambar batik bojonegoro (14)
  • natik bojonegoro (1)
  • motif batik khas bojonegoro (1)
  • motif batik bojonegoro (1)
  • motif batik api (1)
  • Motif Batik (1)
  • macam batik bojonegoro beserta penjelasanya (1)
Tags: , , , , , , , , , , ,

About fauns

Seorang yang mampu bekerja sebagai individu maupun sebagai bagian dari suatu tim, dinamis, komunikatif, dapat dipercaya, temui di www.karyafaun.com
Subscribe to Comments RSS Feed in this post

13 Responses

  1. ternyata kota kita kaya yaa…

  2. seperti batik sekolahku tapi warna biru.
    Amazing
    SMPN 5 Bojonegoro

  3. para guru di kab.Bjn jg bangga mengenakan batik jonegoro.kalau bisa,arisan ibu-ibu tingkat desa hingga RT se kab.bjn jg bangga memilih batik jonegoro sebagai seragam mereka.
     

  4. maaf,kalo boleh tau batik bojonegoro bisa di dapatkan dimana saja,soalnya aku lama tak pulkam jadi agak tertinggal info soal bojonegoro.suwon

  5. ternyatha bojonegoro punya buannyak skalhiie motieff bathikk yach …….!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. bojonegoro kaya akan motif batik ya………….trus untuk mukena motif batik jumput apa juga ada?

  7. kalo mo lihat motif batik jumput, bs nda minta katalog produknya?soalnya jauh dr Malang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*


*